Pemicu Penyakit Kaki Gajah Tidak boleh Dipandang Remeh

Pemicu Penyakit Kaki Gajah Tidak boleh Dipandang Remeh

Pakar parasitologi Kampus Indonesia, Taniawati Supali, menerangkan penyakit kaki gajah karena cacing filarial yang hinggap di aliran getah bening manusia, khususnya pada pangkal paha. Di Indonesia, kaki gajah bisa terjadi karena tiga spesies cacing, yakni wuchereria bacrofti, brugia malahi, dan brugia timori.

“Kita cukup untung karena di Indonesia tidak demikian banyak, tapi brancofti di perkotaan yang beresiko seperti pada Jawa tengah dan Bekasi,” tutur Tania.

Dia menerangkan pada tahapan awalnya pasien saat ini masih rasakan sehat dan belum terlihat ada bengkak. Tetapi pada analisis darah malam akan diketemukan anak cacing. Pada tanda-tanda awalnya, pasien akan rasakan demam tanpa minum obat dapat lenyap sendiri tapi terjadi secara berulang-ulang, selanjutnya mulai ada lebam pada alat gerak yang awalannya lebam normal.

Mengenali Richard Liu Pendiri JD ID yang Tutup Tetap per Maret 2023

Tania menerangkan kaki gajah tidak dapat dipandang remeh karena infeksi cacing brancofti dapat memacu bengkak hampir di semua anggota badan, terhitung organ seksual. Pada lelaki bengkak dapat terjadi pada skrotum, sementara untuk wanita dapat berkenaan payudara dan vulva. Dia mengingati selainnya bengkak, kaki gajah dapat disebarkan oleh hewan ke manusia walau perlu riset selanjutnya berkaitan ciri-ciri hewan yang berpotensi menyebarkan infeksi itu.

“Ini harus diingat, penyebaran filariasis dapat terjadi karena infeksi cacing yang dibawa hewan, misalkan kucing atau anjing,” ucapnya.

Kasus ada banyak

Kementerian Kesehatan mengatakan jumlah pasien kaki gajah atau filariasis di Indonesia capai 8.635 orang berdasarkan data yang digabungkan pada 2022.

“Kasus filariasis yang terdaftar sekitar 8.635 orang. Kami ada datanya by name, by address,” kata Direktur Penangkalan dan Pengaturan Penyakit Menyebar Kemenkes, Imran Pambudi.

Imran menjelaskan keadaan filariasis di Indonesia saat ini masih memprihatinkan. Sekitar 236 kabupaten/kota di 28 propinsi jadi wilayah epidemis filariasis.

“Baru 32 kabupaten/kota yang bersertifikasi eliminasi filariasis sementara lima kabupaten/kota yang lain akan terima sertifikat pada Februari 2023. Maknanya, 178 kabupaten/kota lain masih juga dalam tahapan surveylans saat sebelum penilaian eliminasi,” terangnya.

Dalam hasil Analitis Keadaan Filariasis Nasional Tahun 2022, Kemenkes merasakan ada lima propinsi dalam jumlah kasus paling tinggi, yaitu Papua 3.629 kasus, Papua Barat 620, NTT 1.276, Aceh 507, dan Jawa Barat 424. Sementara keadaan kaki gajah secara global sekitaran 1 miliar orang yang tinggal di 72 negara epidemis filariasis, sekitar 120 juta salah satunya positif terkena kaki gajah dalam jumlah orang yang alami kecacatan di dunia ada 36 juta orang.

Imran menerangkan Kemenkes sudah mempunyai dua taktik khusus dalam pengendalian filariasis, yaitu melangsungkan Pemberian Obat Penangkalan Massal (POPM) di 21 kabupaten/kota yang menyebar di Indonesia.

“Kami memberi obat sekali satu tahun sepanjang 5 tahun beruntun dan targetnya semua warga umur 2-70 tahun,” katanya.

Selanjutnya mengawasi penatalaksanaan kasus filariasis untuk menahan dan batasi kecacatan dengan pastikan terdapatnya paket perawatan minimal tata seperti gempuran kronis, management limfedema, management hidrokel, dan terdapatnya obat filarial dan simtomatik lain.

Sekarang virus H5N1 atau flu burung bukan hanya mematikan unggas, tapi mulai mengontaminasi hewan mamalia. Baca keterangan selanjutnya sekitar virus H5N1 ini.

IDAI menyebutkan tanah jadi media khusus cacing untuk menyebarkan infeksi yang mengakibatkan cacingan pada anak.

IDAI minta semuanya orang tua untuk waspada anak terserang cacingan yang menjadi pemicu stunting.

Mengambil Bulu-bulu Hidung dapat berpengaruh fatal.

Dokter kulit menjelaskan penyembuhan lewat Multi Drug Treatment (MDT) bisa menolong memutuskan rantai penyebaran penyakit kusta dalam masyarakat.

Jika pusar tidak dibikin bersih, dapat mengakibatkan Infeksi jamur.

Sariawan ialah infeksi mulut dan kerongkongan yang disebabkan karena jamur yang disebutkan candida. Lalu, apa sariawan dapat menelur melalaui kecupan?

Saat mengusung object yang berat, jatuh atau tergelincir atau beraktivitas terlalu berlebih beresiko keseleo

Ini beragam tanda-tanda saat badan dimasuki cacing parasit

Ini cara pas menahan cacing tambang masuk ke badan sampai akibatkan penyakit kulit

 

Mengenali Richard Liu Pendiri JD ID yang Tutup Tetap per Maret 2023 Previous post Mengenali Richard Liu Pendiri JD ID yang Tutup Tetap per Maret 2023
2 Orang Dekat Anies Baswedan Tidak Kembali Menempati di Dewan Komisaris Ancol Next post 2 Orang Dekat Anies Baswedan Tidak Kembali Menempati di Dewan Komisaris Ancol